Kamis, 16 Juli 2009

tips dan trik bikin album indie !!!!!! ( sendiri )

Gimana sih buat Album Indie ? Mungkin untuk kamu2 yang baru terjun di dunia musik, dan pengen buat album sendiri secara mandiri, pasti belum banyak mengetahui tentang tips dan trik yang mesti kamu persiapkan sebelum membuat album indie.


Nah, bagi kamu2 yang tertarik, ngga ada salahnya untuk menyimak artikel ini sebagai bahan pertimbangan kamu tentunya.

1. Mesti ada tim inti, yang berfungsi sebagai penggerak, pelaksanaan pembuatan album kamu ini.

2. Membagi tugas, kamu harus tentukan siapa yang harus memimpin tim kamu ini, siapa yang bertugas mengawal promosi band kamu nanti, siapa yang bertugas mengawal produksi album kamu, dan siapa yang bertugas untuk mengawal distribusi album nanti .

3. Tentukan prioritas apa yang musti kamu lakukan, misalnya konsen mencari sponsor media, untuk keberlangsungan promo album, kemudian proses produksi, trus masuk ke release hit single, lalu masa promo album, selanjutnya distribusi de el el.


4. Hal yang kamu mesti lakukan, menjaring, membangun relasi media, guna keberlangsungan promo album kamu, semua pasti sepakat, tanpa ada promo album, band kamu tetap saja terseok2..
kamu juga musti punya ide kreatif untuk menekan biaya promosi, entah itu dengan barter promo, atau apa aja yang bisa dilakukan untuk menekan biaya promosi.

5. Setelah itu, biasanya kendala yang akan dihadapi yaitu untuk penggandaan cd atau kaset. Nah..untuk cd, kalo cuman untuk kalangan sendiri mah, kamu bisa jbakar2 aja sendiri cd tersebut, tapi kalo kamu mau titip edar di toko2 gede misalnya disctara, aquarius, duta swara, indo music, m studio, de el el… kamu musti punya PPN kaset resmi. Nah, solusinya kamu musti ke pabrikan cd atau kaset ( pihak pengganda cd atau kaset ).

6. Atau kamu cuman ingin melempar hit single aja ke radio2, bisa juga….kirimin aja, lagu2 kamu ke radio, tapi memang belum bisa di jamin sih diputer apa engga nya…hehehe…., lebih bagus lagi kalo kamu punya kenalan dengan pihak radio.

7. Terakhir, teruslah kamu bertanya pada teman2 kamu yang telah mengeluarkan album sendiri, tentang berbagai kendala yang dihadapi karena sesungguhnya tiap2 group band punya kendala yang berbeda2 selama pembuatan album mereka.

Nah semestinya kamu udah tahu dan mengerti, diperlukan satu keberanian dan tekad serta semangat yang membara untuk mewujudkan keinginanmu memilikki album sendiri secara indie ( label ),...... selamat mencoba dan ayo kita kembangkan musik di Lumajang, and good luck !!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar